Kenali 3 hal tentang Interprestasi

Table of contents

    Kenali 3 hal tentang Interprestasi

    Kenali 3 hal tentang interprestasi

    1. Apa yang dimaksud dengan interprestasi

    Hallo sobat, apa kabar kalian semua? semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kenali 3 hal tentang interpretasi.

    Apa itu interpretasi ? interpretasi adalah seni yang menggambarkan komunikasi secara tidak langsung namun komunikasi tersebut dapat dengan mudah untuk dipahami.

    Pengertian interpretasi adalah tafsiran, penjelasan, makna, arti, kesan, pendapat, atau pandangan teoritis terhadap suatu objek yang dihasilkan dari pemikiran mendalam dan sangat dipengaruhi oleh latar belakang orang yang melakukan interpretasi. Interpretasi erat kaitannya dengan jangkauan yang harus dicapai oleh subjek dan sekaligus pada saat yang bersamaan diungkapkan kembali sebagai suatu struktur identitas yang terdapat di dalam kehidupan, sejarah, dan objektivitas.

    Interprestasi adalah menafsirkan fakta sejarah dan merangkai fakta tersebut menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal. Interprestasi dalam sejarah dapat juga diartikan sebagai penafsiran suatu peristiwa atau memberikan pandangan teoritis terhadap suatu peristiwa. Sejarah sebagai suatu peristiwa dapat diungkap kembali oleh para sejarawan melalui berbagai sumber, baik berbentuk data, dokumen perpustakaan, buku, berkunjung ke situs-situs sejarah atau wawancara, sehingga dapat terkumpul dan mendukung dalam proses interpretasi.

     

    2. Istilah Interpretasi

    Istilah interpretasi mungkin tidak terlalu sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, kata ini lebih sering kita baca di artikel atau berita di koran seperti interpretasi data, interpretasi karya seni, interpretasi sejarah, dan lain lain. Setiap objek apakah itu buku, puisi, patung, lukisan, data dan masih banyak lagi dapat menjadi sumber objek interpretasi, Interpretasi biasanya dilakukan untuk mendapatkan pengertian atau pengetahuan yang lebih jelas dan sangat mendalam tentang sesuatu hal. Misalnya sebuah lukisan abstrak yang kurang bisa dipahami maksudnya bagi sebagian besar orang. Lukisan bisa menjadi objek interprestasi sehingga orang awam  dapat mengetahui makna yang terkandung pada lukisan tersebut.

    3. Contoh Interpretasi

    Ada dua macam interpretasi yaitu analisis berarti menguraikan dan sintesis berarti menyatukan

    Contoh : Seorang peneliti menulis tentang peristiwa gempa yang melanda Nusa tenggara timur, data yang dapat diambil adalah : Jumlah korban, jumlah rumah yang roboh, infrastruktur yang hancur. 

    Data-data yang telah dianalisis disatukan sehingga menghasilkan fakta bahwa gempa tersebut benar-benar terjadi. Unsur subyektifitas , dapat muncul ketika peneliti tidak berlaku jujur.

     

     

    Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, terimakasih bagi kalian yang sudah berkunjung dan membaca artikel di blog kami, nantikan artikel kami selanjutnya.

     

     

    Salam

     

    Penulis

     

    Related Post

    Di situs web ini kami menggunakan Cookie. Informasi Lebih Lanjut tentang Cookie.